Patriot Desa Berhasil Aktivasi BUMDes Mulai Dari Legalitas Sampai Menghasilkan PADes. Hilmi Hilmansyah : Praktek Baik Pemberdayaan Masyarakat & Desa.

Kabupaten indramayu merupakan daerah yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa Barat. Topografi Kabupaten Indramayu selain daerah pesisir juga daerah pertanian yang dikenal sebagai lumbung padi nasional, produksi padi kabupaten indramayu merupakan yang tertinggi diindonesia dengan luas lahan padi 226,626 hektare dengan hasil produksi 1.363.312 ton dalam setiap musim panen.

Produksi hasil penen yang melimpah sehingga potensi kekayaan sumber daya alamnya perlu dijaga agar ketahanan pangan nasional tetap stabil. Salah satu desa yang memiliki areal lahan pertanian yang luas adalah Desa Plumbon dengan area lahan 458 hektare.

Desa Plumbon adalah salah satu desa yang secara geografis terletak di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Desa Plumbon merupakan dataran rendah dengan keadaan tanah yang subur dan agraris. Desa yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani ini memiliki potensi agribisnis yaitu pada sektor pertanian.

Potensi desa yang di maksud disini merupakan segenap sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki Desa Plumbon. Menurut Wandeg “Sumber daya tersebut dianggap sebagai modal dasar yang nantinya dapat dikelola dan juga dikembangkan demi kepentingan dan kelangsungan masyarakat desa plumbon.

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis oleh Kepala Desa Plumbon, Bapak Danto mengungkapkan potensi pertanian di desa plumbon perlu adanya dukungan dalam mengoptimalkan hasil pertanian, agar apa  yang diharapkan para petani dan pemerintah dapat terlaksana bersama.
Hamparan lahan pertanian yang luas mengharuskan para petani menggunakan jasa pompanisasi untuk mengaliri lahan pertanian. Oleh karena itu, perlu adanya dorongan dari berbagai pihak sehingga masalah pengairan tidak lagi menjadi masalah bagi para petani. Peranan penting ekonomi dalam pembangunan sektor pertanian menjadi sektor utama dalam menggerakan ekonomi desa.

Menurut Wandeg, perlu ada wadah dalam mengelola hasil panen dan kebutuhan para petani sehingga potensi desa plumbon dapat dimaksimalkan, salah satunya pendirian BUMDes didesa plumbon.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dianggap sebagai lembaga ekonomi masyarakat yang perannya cukup strategis dalam menggerakan perekonomian masyarakat dipedesaan sehingga BUMDes dijadikan pilar ekonomi. Kehadiran BUMDes ditengah-tengah masyarakat menjadi perhatian penting dalam menjalankan roda perekonomian desa.
BUMDes Sinar Panunggal merupakan badan usaha yang didirikan oleh pemerintah desa melalui musyawarah desa (MUSDES). Salah satu tujuan utama pendirian BUMDes Sinar Panunggal yakni bisa meningkatkan perekonomian Desa Plumbon.

Masa pandemi Covid-19 BUMDes ini dapat menjadi strategis dalam mewujudkan tujuan bersama pemerintah desa plumbon. Pendirian dan pengembangan Bumdes Sinar Panunggal merupakan salah satu prioritas pengunaan dana desa dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat desa, pendapatan asli desa (PADes) dan perekonomian desa.
Menurut UU Desa  Nomor 6 tahun 2004. BUMDes merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan modal secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Perkembangan BUMDes saat ini dalam membuka lapangan usaha harus melihat potensi kedepan dalam mempercepat pelayanan masyarakat. Hal itu juga diterapkan di Bumdes Sinar Panunggal dalam hal inovasi pelayanan, salah satu Unit usahanya adalah Fotocopy, ATK dan PPOB Online.
Ninik Anggraini selaku Bendahara Bumdes mengungkapkan “perlu diketahui untuk Layanan PPOB Online ini adalah salah satu bentuk kerjasama antara Pihak Bank ataupun Shopee dengan Bumdes Sinar Panunggal dengan menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan. Hal itu dimanfaatkan juga dengan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Plumbon dalam kaitannya dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB”.

Selain itu, Bumdes Sinar Panunggal didirikan berdasarkan kebutuhan dan potensi desa yang merupakan prakarsa masyarakat, artinya usaha yang kelak akan diwujudkan adalah digali dari keinginan dan hasrat untuk menciptakan sebuah kemajuan didalam masyarakat desa dalam mengoptimalkan hasil pertanian

Oleh karena itu peranan BUMDes dalam melihat sektor pertanian didesa plumbon sebagai kawasan pertanian sangatlah besar. Disisi lain tidak sedikit kebutuhan pupuk para petani dalam penggunaanya sebagai daya dukung untuk menghasilkan padi yang terbaik, oleh karena itu BUMDes Sinar Panunggal hadir dengan perencanaan dan pelaksanaan program dalam menunjang kebutuhan para petani dalam melayani kebutuhan pupuk subsidi serta sebagai daya tampung dalam pengolahan hasil panen sehingga hal ini akan mengangkat dan menguatkan perekonomian didesa sehingga desa menjadi berdaya dan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.
Penguatan pada BUMDes ini perlu dilakukan untuk mendorong taraf signifikan baik dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan sehingga peranan BUMDes menjadi pusat perhatian dimata masyarakat sehingga hal ini akan mendorong untuk kemajuan desa.

Hasil ini didukung oleh pemerintah desa, masyarakat dengan melibatkan Patriot Desa dan SSPMD Kabupaten Indramayu, Hilmi Hilmansyah untuk membuat inovasi lokal sebagai brand image desa serta sebagai pusat pertumbuhan (Growth Pole) melalui bidang pertanian.
Daya dukung yang diberikan mampu mengkolaborasikan dengan beberapa elemen penting dikabupaten indramayu sehingga hal ini dapat membantu kemajuan inovasi lokal diberbagai desa, khususnya Desa Plumbon.

Patriot Desa dan penggerak BUMDes tersebut merupakan prakter baik pemberdayaan masyarakat dan desa, salah satu indikator keberhasilan pemberdayaan tersebut adalah peningkatan kapasitas BUMDes dan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).
Menurut Hilmi Hilmansyah, Patriot Desa sudah berhasil menbuktikan melalui praktek baik pemberdayaan masyarakat dan desa di Kabupaten Indramayu, capaian yang dapat diukur adalah aktivasi legalitas BUMDes, peningkatan kapasitas masyarakat dan desa, sampai peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) dari sektor bisnis yang dijalankan oleh BUMDes tab.

Sektor pertanian di Desa Plumbon berperan penting sebagai sektor pangan dan bahan baku sektor industri dan jasa, penghasil atau penghemat devisa dari ekspor atau subsitusi impor produk pertanian, pasar potensial bagi produk-produk industri surplus tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri.

Menurut Wandeg “Selain itu, sektor pertanian juga mampu menghasilkan pertumbuhan yang berpihak pada penduduk miskin melalui penciptaan peluang pasar baru yang bermanfaat bagi penduduk miskin pedesaan sehingga BUMDes Sinar Panunggal ini mampu mengoptimalkan hasil pertanian sebagai peluang dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian desa. Harapan kedepannya, Bumdes bisa memiliki jejaring yang lebih luas, usahanya bertambah dan berkembang, sehingga bisa menekan jumlah pengangguran di Desa Plumbon”.

Ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *