Sinergi Pentahelix Untuk Memperkuat Kepedulian Masyarakat Ikut Dalam Gerakan Tanam Bakau (GERTAKAU) BEM Vokasi UI Di Indramayu

Mewakili Patriot Desa Indramayu untuk membuka kegiatan sosialisasi kesadaran masyarakat tentang penyelamatan kawasan pesisir dan penyemaian 350 bibit (propagul) mangrove jenis Rhizophora Apiculata. Sinergi ABCGM (Pentahelix) Memperkuat Gerakan Tanam Bakau untuk peningkatan kesadaran masyarakat terhadap masalah abrasi dan pemulihan ekosistem mangrove untuk keberlanjutan pesisir Indramayu.

A (Akademisi) = Universitas Indonesia (BEM Vokasi UI),

B (Bisnis) = Sponsorhip,

C (Komunitas) = KSM Pantai Lestari, Karang Taruna, dan Ikatan Alumni UI (ILUNI UI),

G (Pemerintah) = Pemprov Jabar (PATRIOT DESA) & Pemdes Eretan Kulon,

M (Masyarakat) = Masy Desa Eretan.

Kami bergerak tujuan utamanya adalah untuk memulihkan dan membentuk kawasan lindung persemaian mangrove di Eretan Kulon untuk kepentingan perbaikan ekologi dan kemanusiaan. Lokasi penanaman propagul mangrove adalah dulunya kawasan permukiman, sekarang sudah ditinggalkan oleh penghuninya lantaran dampak dari ganasnya gelombang abrasi.

Seandainya seluruh warga mau gotong-royong untuk membentuk kesadaran bersama tentang pentingnya perbaikan ekosistem pesisir dengan tanaman mangrove saya yakin kawasan permukiman pesisir pantai utara akan terjaga dari ganasnya gelombang abrasi dengan perisai pohon mangrove tsb.

Alhamdulillah kami bergerak bersama pemuda Karang Taruna dan LSM lokal yg turut membantu dalam kegiatan kami selama 2 hari berturut-turut mulai dari sosialisasi dan kegiatan konkrit penanaman bibit mangrove. Terima kasih yang tak terhingga untuk kawan-kawan @bemvokasiui dan @patriotdesa_official sudah membersamai dan menginisiasi kegiatan tsb untuk Indramayu, semoga menjadi pemantik untuk daerah lainnya bergerak kearah yg sama.

Semoga saja upaya kami membuahkan hasil yg berarti.

Ad