Digitalisasi Desa Ala Ridwan Kamil

Shopee Centre adalah program kolaborasi PT. Shopee Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, program kolaborasi ini dibuat dalam upaya mempercepat transformasi bisnis BUMDes dan membangun transformasi digital terbesar di Indonesia dengan menghadirkan infrastruktur pusat digital di desa.

INDRAMAYU– (03/11/2021) Patriot Desa Jawa Barat merupakan bagian dari entitas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan salah satu program unggulan Gubernur Ridwan Kamil yg dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat. Tugas dan fungsi dari Patriot Desa adalah untuk melakukan pendampingan kepada pemerintah desa dan masyarakat desa, salah satu prinsip program ini adalah pendampingan untuk mendorong terciptanya digitalisasi di desa.

Titik kumpul dalam pendistribusian infrastruktur digital desa ini di kantot DPMDes Kabupaten Indramayu, pola pendistribusian dibagi menjadi 3 tahap selama 3 hari. Kolaborasi ini bentuk dari upaya akselerasi dalam mendorong digitalisasi desa secara masif dan harapannya dapat menjadi pusat digital terbesar di Indonesia. Patriot Desa Indramayu hadir untuk mendampingi dari hulu ke hilir secara konsisten kepada pemerintah desa penempatannya melalui BUMDes untuk membuka akun di Shopee dan dapat menjadi pusat penjualan produk-produk desa yang dikelola oleh admin yang ditunjuk oleh direktur BUMDes tsb.  

Sasaran dari pembentukan Shopee Centre di BUMDes ini adalah para pelaku usaha / wirausaha lokal yang bergerak pada skala UMKM. Harapannya Patriot Desa Indramayu dan BUMDes di desa pendampingan dapat melakukan peningkatan kapasitas kepada para wirausaha lokal untuk mengakomodir seluruh kebutuhan bisnisnya.

Selain itu juga hadir mitra kolaborasi yang datang dari entitas pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa PDTT, TAPM Kemendes PDTT, Syarif Hamdan, S.Pd. menyebutkan “Dengan bantuan Kerjasama antara BUMDesa dengan Shopee Centre di Kab Indramayu berharap BUMDesa bisa lebih aktif dalam mengembangkan usaha BUMDesa menuju kesejahteraan dan kemandirian masyarakat desa melalui pemberdayaan ekonomi desa. Di desa dan di kecamatan sampai kabupaten telah ada CEO BUMDESa (Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa) yang focus mendampingi perkembangan BUMDesa di Kabupaten Indramayu”.

Ad